Fisiologi

Selasa, 25 Juni 2013

Manusia dalam keseharianya pasti melakukan aktivitas. Setiap aktivitas yang dilakukan manusia pasti membutuhkan energi, padahal energi pada manusia itu terbatas, oleh karena itu konsumsi energi yang dikeluarkan dan komsumsi oksigen yang masuk harus seimbang, sedangkan konsumsi energi dan oksigen yang tidak seimbang mengakibatkan kelelahan pada tubuh manusia, sehingga terjadi penurunan produktivitas. 
Bedasarkan kelelahan tersebut, maka dibutuhkan suatu metode untuk mengukur tingkat konsumsi energi dan tingkat konsumsi oksigen berdasarkan denyut jantung dan suhu tubuh, agar diperoleh waktu recovery kerja yang diperlukan oleh tubuh manusia. Metode yang digunakan adalah fisiologi. 
Pengaplikasian dari modul ini adalah pengukuran konsumsi energi dan konsumsi oksigen dengan melakukan aktivitas pengangkatan barbel. Alasan melakukan aktivitas pengangkatan barbel adalah karena aktivitas ini merupakan aktivitas kerja statis, sehingga lebih cepat mempengaruhi kondisi fisik dibandingkan dengan kerja dinamis.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca blog saya