Sistem Rangka dan Otot Manusia

Selasa, 25 Juni 2013
Manusia dalam kehidupan sehari-hari pasti melakukan pekerjaan, pada saat bekerja terkadang manusia tidak menyadari akan posisi kerja yang baik. Posisi kerja yang tidak baik tersebut dapat menimbulkan keluhan baik dalam jangka waktu panjang atau jangka waktu pendek, keluhan jangka waktu pendek dapat menyebabkan pegal-pegal pada badan sedangkan dalam jangka waktu panjang penggunaan posisi yang salah tersebut dapat menimbulkan penyakit bahkan kelainan pada bentuk tubuh.
Berdasarkan hal tersebut maka dipelajari suatu ilmu yang mempelajari tentang bagian tubuh manusia, rangka, otot, dan penyakit yang diakibatkan posisi kerja yang tidak benar yaitu sistem rangka dan otot manusia. Sistem rangka dan otot manusia tersebut diharapkan dapat memberikan usulan dan perbaikan untuk memberikan posisi yang baik, agar mengurangi resiko penyakit yang akan ditimbulkan oleh posisi kerja yang tidak baik.
Pengaplikasian dalam modul ini adalah dengan mengamati proses kerja tukang jamu gendong, untuk meminimalisir keluhan apa saja yang terjadi pada saat melakukan aktivitas tersebut. Alasan pemilihan pengamatan jamu gendong ini adalah karena masih banyak tukang jamu gendong yang menggunakan posisi kerja yang salah. Harapan dari pengaplikasian tukang jamu ini adalah supaya tukang jamu gendong dapat bekerja dengan posisinya yang baik, sehingga keluhan-keluhan yang dialaminya dapat diatasi.

BAB II klik di sini
BAB IV Pembahasan dan Analisis klik di sini


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca blog saya