Antropometri

Selasa, 25 Juni 2013

Manusia dalam melakukan aktifitas pasti menggunakan fasilitas atau alat bantu kerja untuk mendukung aktifitasnya sehari-hari. Sering kali manusia tidak menyadari akan kenyamanan produk yang digunakanya, dikarenakan ukuran produk yang yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh manusia atau dimensinya, dari ketidaknyamanan tersebut mengakibatkan menurunya produktifitas dan keluhan-keluhan pada tubuh saat menggunakan fasilitas atau alat pendukung tersebut.
Bedasarkan ketidaknyamanan tersebut maka dibutuhkan suatu perancangan produk untuk meminimalisir penurunan tingkat produktifitasnya. Ilmu yang digunakan untuk mendesain suatu produk yang sesuai dengan dimensi tubuh manusia adalah Antropometri. Antropometri adalah suatu data numerik yang berhubungan dengan karakteristik tubuh manusia, seperti ukuran, bentuk, dan dari data tersebut dijadikan masalah mengenai desain. Antropometri bertujuan untuk mengukur dimensi tubuh manusia agar fasilitas yang dipakai oleh manusia menjadi lebih nyaman.
Pengaplikasian metode tersebut digunakan untuk mendesain tools trolley, ukuran yang digunakan dalam pembutan tools trolley sudah disesuaikan dengan dimensi tubuh manusia, sehingga lebih ergonomis. Pengukuran dimensi tubuh disesuaikan dengan persentil yang dihitung secara manual, dan software berdasarkan dimensi yang disesuaikan.


Tools Trolley
Materi dari dosen klik di sini
Bab II Pembahasan dan Analisis klik di sini


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca blog saya