Pemuda dan Perannya Sebagai Agen Perubahan Bangsa

Selasa, 26 Februari 2013
Pemuda dan Perannya Sebagai Agen Perubahan Bangsa

Pemuda adalah harapan bangsa, karena ditangan para pemudalah terdapat semmangat perubahan yang dapat merubah bangsa ini menjadi lebih baik atau malah hancur. Pemuda yang sukses adalah pemuda yang suka akan perubahan, sedangkan pemuda yang tidak suka dengan perubahan maka dia akan tertinggal jauh di belakang, menurut Rhenald Kasalli. 
Sebab, upaya melakukan perubahan memang tidak pernah bisa dilepaskan dari karakter kalangan muda. Daya imajinasi, kreasi, dan inovasi senantiasa melekat pada semangat generasi muda. Karena itu, tidak heran jika Presiden Pertama Indonesia Soekarno dalam sebuah pidatonya secara tegas mengatakan peran pemuda yang bisa diandalkan untuk melakukan perubahan. Bung Karno hanya membutuhkan 10 pemuda untuk mengguncang dunia. “Beri aku 1.000 orang tua,niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” Kalimat Bung Karno tersebut merupakan gambaran bagaimana kedahsyatan pemuda sebagai agen perubahan. Buktinya kini, tidak sedikit pemuda Indonesia yang berhasil mengharumkan nama bangsa berkat keahliannya. Bahkan, dengan berbagai kemampuan dan prestasi yang berhasil diraih, beberapa dari mereka mampu membuat nama Indonesia diakui di kancah global. Kini, tidak sedikit anak muda Indonesia yang berhasil meraih berbagai prestasi di dunia internasional.
Menurut pengamat sosial Universitas Indonesia Devie Rachmawati, populasi pemuda yang sangat besar bisa menjadi sebuah berkah demografi yang pantas disyukuri. Hal ini mengingat di sejumlah negara Eropa dan Jepang jumlahnya mengalami penurunan produktivitas karena jumlah orang tua yang besar dan tingkat produktivitas pemudanya menurun. “Namun,jumlah besar ini bisa menjadi bencana demografi jika kualitas pemuda Indonesia kurang menjanjikan,” jelas Devie yang juga menyarankan agar pemerintah mempunyai grand design yang jelas tentang arah pembangunan ke depan. Sebab, pemuda sebagai bagian dari potensi pembangunan perlu diberdayakan agar mampu berkiprah dalam memajukan bangsa, dan mereka siap menghadapi tantangan global. Apalagi, saat ini jumlah pemuda Indonesia yang mencapai 64 juta jiwa menjadi aset yang menguntungkan bagi masa depan bangsa.Jika diperhatikan secara serius beragam potensi dan bakat mereka akan terbangun dan menciptakan perubahan besar bagi kemajuan bangsa dan negara.
Kesimpulan yang dapat di ambil dari apa yang saya sampaikan diatas adalah pemuda yang suka perubahan pasti ia akan mencapai sebuah kesuksesan, sedangkan pemuda yang tidak suka akan perubahan maka ia akan tertinggal jauh di belakang. Pemuda adalah harapan bangsa, karena ditangan merekalah terdapat semangat perubahan, yang mejadikan bangsa ini menjadi bangsa yang maju ataupun menjadi bangsa yang terpuruk. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama yaitu Ir. Soekarno, “Beri aku 1.000 orang tua,niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya.Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” Dari perkataan beliau dapat disimpulkan bahwa kekutan perubahan yang dimiliki oleh pemuda lebih besar dari kekuatan perubahan yang dimiliki oleh orang tua. Hampir limapuluh persen penduduk di indonesia adalah pemuda, dan sudah seyogyanya kita para pemuda harus membawa perubahan yang berarti untuk Indonesia, dan jangan jangan pernah berfikir apa yang diberikan kepada bangsa Indonesia, tetapi berfikirlah apa yang bisa anda berikan untuk Bangsa Indonesia. Tetap semangat, tetap sehat, majulah para pemuda pemudi Indonesia.

Dikutip dari Sindonews

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca blog saya